4.05.2013

Iklim Indonesia Terhadap Letak Geografis


PENJELASAN IKLIM INDONESIA TERHADAP LETAK GEOGRAFIS



  • Sekitar tanggal 21 Maret, saat matahari melintas ekuator langit, momen ini disebut juga “hari pertama musim semi” di bagian timur bumi, sedangkan di Indonesia sedang mengalami musim pancaroba antara musim penghujan dan musim kemarau, disebut mangsa mareng. Matahari tepat berada pada garis khatulistiwa (0º). Karenanya, Matahari seolah-olah terbit tepat di sebelah timur. Demikian pula, Matahari seolah-olah tenggelam tepat di sebelah barat.

  • Tanggal 21 Juni, saat matahari mencapai deklinasi atau pertama musim panas di bagian utara bumi, sedangkan di Indonesia sedang mengalami musim hujan. Matahari tampak berada pada 23½º lintang utara (LU). Karenanya, Matahari seolah-olah terbit agak sedikit bergeser ke utara

  • Tanggal 23 September, Indonesia sedang mengalami musim pancaroba mangsa labuh (bahasa Jawa) adalah pancaroba antara kemarau ke penghujan. Matahari tampak kembali berada pada garis khatulistiwa. Akibatnya, Matahari seolah-olah terbit tepat di sebelah timur.

  • Tanggal 22 Desember, Indonesia sedang mengalami musim kemarau/panas karena bulan Oktober – April tertiup angin muson barat, angin muson barat bersifat basah karena dari Samudra Pasifik. Matahari tampak berada pada 23½º lintang selatan (LS) jika dilihat dari Bumi. Hal ini menyebabkan Matahari seolah-olah terbit agak sedikit bergeser ke selatan.

  • Tanggal 21 Maret, Indonesia sedang mengalami musim pancaroba mangsa mareng (bahasa Jawa) adalah pancaroba antara musim penghujan dan musim kemarau.  

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar